Rival, Steve Jobs vs Bill Gates | Tokoh Dunia - Pernah melihat klip iklan dari Apple yang judulnya "Mac vs. PC"? Iklan
ini memang tidak masuk ke Indonesia. Tapi Anda bisa melihatnya di
internet. Coba saja masuk ke situs YouTube dan mengetikkan kata kunci
seperti "Mac vs PC", "I'm a Mac, I'm a PC" atau "Get a Mac". Nah, Anda
akan mendapatkan puluhan klip iklan ini yang siap dilihat.
Iklan ini sederhana, unik, dan kreatif. Penggarapannya sangat minimalis,
hanya menampilkan dua orang sebagai karakter utama yang saling bicara
satu sama lain dengan latar-belakang tempat yang warnanya putih semua.
Karakter yang pertama tubuhnya ramping dan pakaiannya kasual: sepatu
sneaker, celana jins, dan t-shirt polos berwarna gelap. Karakter satunya
lagi tubuhnya agak gemuk, mengenakan kacamata, dan berpakaian resmi
yaitu jas lengkap dengan dasi.
Kalau Anda tahu sosok Steve Jobs dan Bill Gates, kira-kira seperti
itulah penampilan kedua karakter yang ada di iklan ini. Karakter pertama
mirip Steve Jobs muda yang minus kacamata, kumis, dan brewok, sementara
karakter kedua mirip Bill Gates. Karakter pertama namanya "Mac Guy",
diperankan oleh aktor Justin Long, sementara karakter kedua namanya "PC
Guy" dan diperankan oleh seorang penulis dan humoris bernama John
Hodgman.
Iklan ini punya banyak seri. Keseluruhannya ada sekitar 50 iklan. Selain
versi Amerika dengan para pemeran di atas, iklan ini juga ada versi
Inggris dan Jepangnya. Di kedua negara tersebut, orang yang memerankan
kedua karakter tadi merupakan aktor-aktor lokal di kedua negara. Tapi
secara keseluruhan iklannya sebenarnya sama, cuma beda pemeran saja.
Nah, iklan yang dibuat oleh advertising agency TBWA-Media Arts Lab ini
selalu dibuka dengan karakter Mac Guy memperkenalkan diri dengan
mengucapkan kalimat "Hello, I'm a Mac..." disusul karakter PC Guy yang
mengucapkan kalimat "...And I'm a PC". Tiap seri iklan punya plot
serupa. Kedua karakter tadi pertama-tama memperkenalkan diri, lalu
saling bicara tentang diri mereka masing-masing.
Perbandingan kemampuan dan atribut masing-masing merupakan metafora dari
komputer Mac dan PC. Karena ini memang iklan dari Apple, Mac Guy selalu
digambarkan lebih unggul dibandingkan PC Guy. Pada iklan versi "Virus"
misalnya, PC Guy digambarkan sedang terkena demam dan mengingatkan Mac
Guy agar menjauhinya, sambil berkata "ada 114 ribu virus yang dikenal
untuk PC." Mac Guy menjawab bahwa virus yang menyerang PC Guy tidak akan
mempengaruhinya. PC Guy yang sedang demam akhirnya jatuh pingsan ke
lantai, seakan menggambarkan situasi crash yang biasa terjadi jika
sebuah PC terkena virus komputer.
Versi lainnya sama saja, Mac Guy selalu lebih unggul dan tampak keren.
Pada versi "Restarting", ketika Mac Guy dan PC Guy sedang saling bicara,
PC Guy tiba-tiba terdiam dan mengulangi pembicaraan sebelumnya. Itu
seolah menyindir PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows yang
sering nge-hang dan kadang terpaksa di-restart.
Agak nyelekit memang, namun bisa membuat kita tersenyum karena
disampaikan dengan nada humor. Seri iklan yang pertama kalinya
diluncurkan pada 2 Mei 2006 dan masih terus diproduksi versi barunya
sampai sekarang. Seri terakhir diluncurkan pada 18 Agustus 2008 lalu.
Memang iklan tersebut sudah jadi fenomena tersendiri. Steve Jobs dan
Bill Gates, yang asli, bahkan sempat membahas soal seri iklan "Mac vs.
PC" ini. Bill Gates dikabarkan tidak menyukai seri iklan tersebut.
Ia sempat mengemukakan hal ini saat diwawancarai Steven Levi, editor
senior Newsweek International, yang juga sering meliput perkembangan
Apple, pada Februari 2007. Namun, pada acara "D: All Things Digital
Conference" pada 31 Mei 2007 yang menghadirkan Steve Jobs dan Bill Gates
pada satu panggung, keduanya justru sempat menanggapi iklan tersebut
dengan nada ringan.
Pada acara yang diselenggarakan oleh The Wall Street Journal itu, Jobs
berkata, "The art of those commercials is not to be mean, but it's
actually for the guys to like each other...PC guy is great, he's got a
big heart." Ini kemudian ditimpali oleh Gates sambil tersenyum, "His
mother loves him." Kedua orang ini, Steve Jobs dan Bill Gates, walaupun
bersaing sejak dulu, namun memang saling menghormati satu sama lain.
Jobs menghormati Gates atas peranannya dalam merintis dan mengembangkan
industri perangkat lunak. Sementara Gates memuji kemampuan Jobs dalam
memimpin pasar dengan mengembangkan produk yang inovatif. Apa yang bisa
dipelajari dari kisah ini? Ini menunjukkan bahwa karakter sebuah brand
harus di-Clarify dalam benak konsumen. Caranya bukan sekadar dengan
membuat slogan atau tagline, seperti yang biasa dilakukan dalam
membangun positioning. Namun dengan memperjelas karakter brand tersebut.
"Clarifying your persona" inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari
New Wave Marketing.
[ http://atikatikaaziz.blogspot.com/2010/09/persaingan-microsoft-dengan-apple-bill.html ]
Judul : Rival, Steve Jobs vs Bill Gates | Tokoh Dunia
Deskripsi : Rival, Steve Jobs vs Bill Gates | Tokoh Dunia - Pernah melihat klip iklan dari Apple yang judulnya "Mac vs. PC"? Iklan ini ...